RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
Mata Kuliah
|
:
|
‘Ulûm al-Qur’ân
|
Kode Mata Kuliah
|
:
|
|
Semester
|
:
|
1
|
SKS
|
:
|
|
Fakultas/Prodi
|
|
PGMI
|
Mata Kuliah Prasyarat
|
|
-
|
Deskripsi
|
:
|
Mata kuliah ‘Ulûm al-Qur’ân berisi ragam ilmu
yang berkaitan dengan al-Qur’an, baik ilmu yang terkait dengan kesejarahan
al-Qur’an, ilmu yang terkait dengan kedudukan al-Qur’an sebagai teks
kebahasaan dan ilmu yang terkait
dengan kedudukan al-Qur’an sebagai teks keagamaan.
|
Capaian Pembelajaran
|
:
|
Mahasiswa memiliki wawasan luas terkait ilmu-ilmu
al-Qur’an yang dapat memperkaya intelektualitas dan spiritualitas.
|
Dosen Pengampu
|
:
|
Hajjin Mabrur, M.S.I
|
Per
temuan
|
Kemampuan Akhir yang direncanakan
|
Indikator
|
Bahan
Kajian
|
Model Pembelajaran
|
Tugas Mahasiswa
|
Metode Penilaian
|
Referensi
|
1
|
Memahami sejarah ‘Ulûm al-Qur’ân secara komprehensif
|
1.
Menjelaskan tahapan perkembangan ‘Ulûm al-Qur’ân
2.
Mengetahui kitab-kitab embrio ‘Ulûm al-Qur’ân
3.
Mengetahui para ulama perumus ‘Ulûm al-Qur’ân
|
Sejarah ‘Ulûm al-Qur’ân
|
Direct intrucsion
|
Memahami dan mengkritisi uraian materi yang disampaikan
|
Komulatif dari Keaktifan, Tugas Kelompok, UTS dan UAS
|
11
12
13
18
|
2
|
Memahami konsep Nuzûl
al-Qur’ân secara komprehensif
|
1.
Menjelaskan proses turunnya al-Qur’an
2.
Memahami hikmah proses turunnya al-Qur’an
3.
Mengetahui ragam pendapat ulama terkait turunnya al-Qur’an
|
Nuzûl
al-Qur’ân
|
Discovery learning
|
Menghimpun dan mendeskripsikan informasi sebagai sebuah
pengetahuan
|
Komulatif dari Keaktifan, Tugas Kelompok, UTS dan UAS
|
12
13
20
21
|
3
|
Memahami sejarah kodifikasi secara komprehensif
|
1.
Menjelaskan pemeliharaan al-Qur’an pada masa Nabi SAW.
2.
Menjelaskan kronologis pembukuan al-Qur’an setelah Nabi SAW wafat
3.
Menjelaskan usaha-usaha Abu Bakar dalam membukukan al-Qur’an
|
Jam‘ al-Qur’ân
|
Discovery learning
|
Menghimpun dan mendeskripsikan informasi sebagai sebuah
pengetahuan
|
Komulatif dari Keaktifan, Tugas Kelompok, UTS dan UAS
|
5
20
21
22
|
4
|
Memahami sejarah Rasm
al-Qur'ân secara komprehensif
|
1.
Menjelaskan tahapan penulisan mushaf al-Qur’an
2.
Memahami ragam pendapat ulama tentang urutan surah dan ayat al-Qur’an
3.
Mengetahui para tokoh yang berjasa dalam penyusunan mushaf al-Qur’an
|
Rasm
al-Qur'ân
|
Discovery learning
|
Menghimpun dan mendeskripsikan informasi sebagai sebuah
pengetahuan
|
Komulatif dari Keaktifan, Tugas Kelompok, UTS dan UAS
|
11
18
20
22
|
5
|
Memahami sejarah al-Rasm
al-Utsmânî
secara komprehensif
|
1.
Menjelaskan faktor-faktor disusunnya al-Rasm al-Utsmânî
2.
Mengetahui karakteristik al-Rasm al-Utsmânî
|
Al-Rasm
al-Utsmânî
|
Contextual learning
|
Membahas konsep yang terkait situasi nyata
|
Komulatif dari Keaktifan, Tugas Kelompok, UTS dan UAS
|
11
18
20
22
|
6
|
Memahami al-Qirâ’ât secara komprehensif
|
1.
Memahami ragam al-Qirâ’ât
2.
Menjelaskan ragam dialek bangsa Arab
3.
Memahami hikmah di balik ragam al-Qirâ’ât
|
Al-Qirâ’ât
|
Contextual learning
|
Membahas konsep yang terkait situasi nyata
|
Komulatif dari Keaktifan, Tugas Kelompok, UTS dan UAS
|
5
7
11
22
|
7
|
Memahami konsep Asbâb
al-Nuzûl secara komprehensif
|
1.
Memahami ragam konsep Asbâb al-Nuzûl
2.
Memahami kaidah yang terkait Asbâb al-Nuzûl
3.
Mengetahui implikasi penerapan kaidah terkait Asbâb al-Nuzûl
|
Asbâb
al-Nuzûl
|
Contextual learning
|
Membahas konsep yang terkait situasi nyata
|
Komulatif dari Keaktifan, Tugas Kelompok, UTS dan UAS
|
5
8
11
17
|
8
|
Memahami konsep Nâsikh wa Mansûkh secara komprehensif
|
1.
Menjelaskan ragam pengertian Naskh
2.
Menjelaskan pendapat ulama yang menerima dan menolak Nâsikh wa Mansûkh
3.
Memahami hikmah di balik Nâsikh wa Mansûkh
|
Nâsikh wa Mansûkh
|
Contextual learning
|
Membahas konsep yang terkait situasi nyata
|
Komulatif dari Keaktifan, Tugas Kelompok, UTS dan UAS
|
5
8
11
22
|
9
|
UJIAN TENGAH SEMESTER
|
||||||
10
|
Memahami konsep al-Muhkam wa
al-Mutasyâbih secara komprehensif
|
1.
Menjelaskan landasan konsep al-Muhkam wa al-Mutasyâbih
2.
Menjelaskan ragam bentuk ayat al-Mutasyâbih
3.
Memahami ragam metode penafsiran ulama atas ayat al-Mutasyâbih
|
Al-Muhkam wa
al-Mutasyâbih
|
Problem base learning
|
Menggali dan memanfaatkan informasi untuk memecahkan
masalah faktual
|
Komulatif dari Keaktifan, Tugas Kelompok, UTS dan UAS
|
5
8
11
19
20
|
11
|
Memahami konsep Amstâl
al-Qur’ân secara komprehensif
|
1.
Menjelaskan ragam Amstâl al-Qur’ân
2.
Menjelaskan hikmah di balik Amstâl al-Qur’ân
3.
Membedakan konsep Amstâl al-Qur’ân menurut ahli bahasa dan mufasir
|
Amstâl
al-Qur’ân
|
Problem base learning
|
Menggali dan memanfaatkan informasi untuk memecahkan
masalah faktual
|
Komulatif dari Keaktifan, Tugas Kelompok, UTS dan UAS
|
5
11
14
19
|
12
|
Memahami konsep Qasas
al-Qur’ân secara
komprehensif
|
1.
Memahami karakteristik Qasas al-Qur’ân
2.
Memahami hikmah di balik Qasas al-Qur’ân
3.
Memahami ragam teori ulama terkait Qasas al-Qur’ân
|
Qasas
al-Qur’ân
|
Problem base learning
|
Menggali dan memanfaatkan informasi untuk memecahkan
masalah faktual
|
Komulatif dari Keaktifan, Tugas Kelompok, UTS dan UAS
|
8
11
14
19
|
13
|
Memahami konsep Wujûh wa
al-Nazâ’ir secara komprehensif
|
1.
Memahami karakteristik bahasa al-Qur’an
2.
Menjelaskan pengertian Wujûh wa al-Nazâ’ir
3.
Mengetahui contoh Wujûh wa al-Nazâ’ir
|
Wujûh wa
al-Nazâ’ir
|
Problem base learning
|
Menggali dan memanfaatkan informasi untuk memecahkan
masalah faktual
|
Komulatif dari Keaktifan, Tugas Kelompok, UTS dan UAS
|
2
6
14
20
|
14
|
Memahami konsep Mutasyâbih
al-Qur’ân secara komprehensif
|
1.
Menjelaskan ragam bentuk Mutasyâbih al-Qur’ân
2.
Menjelaskan bentuk-bentuk perhatian ulama terkait Mutasyâbih al-Qur’ân
3.
Mengetahui ragam metode penafsiran terkait Mutasyâbih al-Qur’ân
|
Mutasyâbih
al-Qur’ân
|
Problem base learning
|
Menggali dan memanfaatkan informasi untuk memecahkan
masalah faktual
|
Komulatif dari Keaktifan, Tugas Kelompok, UTS dan UAS
|
4
6
9
21
|
15
|
Memahami I‘jâz al-Qur’ân secara komprehensif
|
1.
Menjelaskan cakupan I‘jâz al-Qur’ân
2.
Memahami bukti-bukti I‘jâz al-Qur’ân
3.
Memahami hikmah di balik I‘jâz al-Qur’ân
|
I‘jâz al-Qur’ân
|
Cooperative learning
|
Membahas dan Menyimpulkan masalah secara berkelompok
|
Komulatif dari Keaktifan, Tugas Kelompok, UTS dan UAS
|
5
11
15
18
|
16
|
Mengenal Tafsîr dan Mufassir
|
1.
Mengetahui sejarah tafsir
2.
Mengetahui pengertian tafsir dan metode tafsir
3.
Mengetahui ragam kitab tafsir dan mufassir
|
Tafsîr dan Mufassir
|
Cooperative learning
|
Membahas dan Menyimpulkan masalah secara berkelompok
|
Komulatif dari Keaktifan, Tugas Kelompok, UTS dan UAS
|
3
8
10
17
|
17
|
Mengenal Tafsîr Nusantara
|
1.
Mengetahui sejarah penafsiran di Nusantara
2.
Mengetahui ragam kitab tafsir dan mufassir Nusantara
3.
Mengetahui wacana penafsiran Nusantara
|
Tafsîr Nusantara
|
Cooperative learning
|
Membahas dan Menyimpulkan masalah secara berkelompok
|
Komulatif dari Keaktifan, Tugas Kelompok, UTS dan UAS
|
1
16
17
|
18
|
UJIAN AKHIR SEMESTER
|
|
Cirebon, 07
Oktober 2017
|
|
|
Ketua Prodi PGMI
|
Dosen
Pengampu
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Hajjin
Mabrur, M.S.I
|
|
|
|
|
|
0 comments:
Post a Comment
Monggo Komentarnya. . .