Thursday, January 18, 2018

Makalah Landasan Pendidikan Filosofis



MAKALAH

Landasan Pendidikan Filosofis

Disusun untuk memenuhi tugas kelompok 1
Mata kuliah Landasan Pendidikan
Dosen Pengampu : Lutfi Faishol, M.Pd






Disusun Oleh :

Muhammad Fauzan
Anisi
Rofiqo Tri Lestari
Fauzah Khaeriyah
Neng Linda Alawiyah
Sri Amalia
Aprilia Putri Astuti

PGMI A Semester 1
2017

INSTITUT AGAMA ISLAM BUNGA BANGSA CIREBON

Jl. Widarasari III Tuparev Cirebon Telp./Fax. : {0231} 246215

KATA PENGANTAR

Dengan menyebut nama Allah SWT yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, penulis panjatkan puja dan puji syukur atas kehadirat-Nya, yang telah memberikan rahmat, hidayah, dan inayah-Nya kepada penyusun, sehingga penyusun dapat menyelesaikan makalah yang berjudul Landasan Pendidikan Filosofis.
Pembuatan makalah ini merupakan tugas mata kuliah Landasan Pendidikan yang di kerjakan secara kelompok.
Makalah ini berisi tentang Pengertian Pendidikan Filosofis, Jenis-jenis Aliran Pendidikan Filosofis, Tujuan Pendidikan Filosofis, Manfaat Pendidikan Filosofis; yang mana penyusun telah berusaha semaksimal mungkin dan pastinya bantuan dari berbagai pihak, sehingga penyusun mampu menyelesaikan makalah ini dengan tepat waktu. Dengan itu penyusun sangat berterima kasih banyak kepada semua belah pihak yang telah membantu terselesainya makalah ini.
Penyusun menyadari sepenuhnya bahwa banyak kekurangan baik dari dalam susunan bahasa maupun penulisan. Oleh sebab itu terbuka bagi penyusun saran dan kritik dari pembaca kepada penyusun, sehingga penyusun dapat memperbaiki karya tulis ini.
Penyusun berharap semoga makalah ini memberikan manfaat dan inpirasi kepada pembaca.



Cirebon, Oktober 2017

Penyusun







DAFTAR ISI








BAB I

PENDAHULUAN



Pendidikan diselenggarakan berdasarkan filsafat hidup serta berlandaskan sosiokultural setiap masyarakat, termasuk di Indonesia.
Landasan filosofis merupakan landasan yang berkaitan dengan makna atau hakikat pendidikan, yang berusaha menelaah masalah-masalah pokok seperti: Apakah pendidikan itu ? Mengapa Pendidikan itu diperlukan ? Apa yang menjadi tujuannya dan sebagainya. Landasan filosofis adalah landasan yang berlandaskan atau bersifat filsafat.


Yang menjadi permasalahan dalam makalah ini adalah :
1.      Apa yang dimaksud landasan pendidikan filosofis ?
2.      Apa jenis-jenis aliran filsafat dalam pendidikan ?
3.      Apa tujuan dari landasan pendidikan filosofis ?
4.      Apa manfaat dari landasan pendidikan filosofis ?


Makalah ini dimaksud untuk:
1.      Menjelaskan maksud dari landasan pendidikan filosofis.
2.      Menjelaskan jenis-jenis aliran filsafat dalam pendidikan.
3.      Menjelaskan tujuan dari landasan pendidikan filosofis.
4.      Menjelaskan manfaat dari landasan pendidikan filosofis.















Pendidikan adalah upaya mengembangkan potensi-potensi manusiawi peserta didik baik potensi cipta, rasa, maupun karsanya, agar potensi itu menjadi nyata dan dapat berfungsi dalam perjalanan hidupnya. Dasar pendidikan adalah cita-cita kemanusiaan universal. Pendidikan bertujuan menyiapkan pribadi dalam keseimmbangan, kesatuan, organis, harmonis, dinamis, guna mencapai tujuan hidup kemanusiaan.
Filsafat berasal dari bahasa Yunani yaitu: philein artinya mencintai, dan sophos atau shopis artinya hikmah, arif, atau bijaksana. Jadi filsafat adalah mencintai hikmah atau kebijaksanaan. Filsafat berarti pula pendirian hidup atau pandangan hidup. Secara ilmiah definisi filsafat yaitu usaha berpikir radikal dan hasil yang diperoleh dari menggambarkan dan menyatakan suatu pandangan yang menyeluruh secara sistematis tentang alam semesta serta tempat dilahirkannya manusia. Filsafat mencakup keseluruhan pengetahuan manusia, filsafat merupakan sumber ide paling dalam bagi segala bentuk ilmu pengetahuan, sehingga filsafat disebut juga induk pengetahuan.
Landasan pendidikan filosofis adalah seperangkat asumsi yang bersumber dari filsafat yang dijadikan titik tolak dalam pendidikan. Landasan pendidikan filosofis sesungguhnya merupakan suatu sistem gagasan tentang pendidikan dan dedukasi atau dijabarkan dari suatu sistem gagasan filsafat umum yang dianjurkan oleh suatu aliran filsafat tertentu. Terdapat hubungan implikasi antara gagasan-gagasan dalam cabang filsafat umum terhadap gagasan-gagasan pendidikan. Landasan pendidikan filosofis tidak berisi konsep-konsep pendidikan.

Dalam landasan pendidikan filosofis juga terdapat berbagai aliran pemikiran. Hal ini muncul sebagai implikasi dari aliran-aliran yang terdapat dalam filsafat. Sehingga dalam landasan pendidikan filosofi pun dikenal adanya landasan filosofis pendidikan Idealisme, Realisme, dan Pragmatisme.
Plato adalah tokoh pertama yang mencetuskan ide idealisme. Tokoh-tokoh yang mendukung aliran idealisme yaitu George W. F. Hegel yang berasal dari Jerman pada abad 19, Ralph Waldo Emerson, Henry David T, dan Friedrich Froebel. Penganut idealisme selanjutnya disebut sebagai idealis.
Ornstein menyatakan bahwa idealisme merupakan suatu aliran ilmu filsafat yang mengagungkan jiwa.
Gagasan realisme dimulai sebelum periode abad masehi, yaitu dalam pemikiran murid Plato bernama Aristoteles (384-322 SM).
Realisme adalah aliran filsafat yang memandang bahwa dunia materi dilluar kesadaran sebagai suatu yang nyata dan penting. Dalam arti filsafat yang sempit, realisme berarti anggapan bahwa objek indra kita adalah real, benda-benda ada.
Pragmatisme adalah aliran filsafat modern yang lahir di Amerika akhir abad 19 hingga awal abad 20. Filsafat ini cenderung lebih banyak mengabaikan hal-hal yang bersifat metafisik tradisional dan lebih banyak terarah pada hal-hal yang pragmatis kehidupan. Pada dasarnya, pragmatisme merupakan suatu sikap hidup, suatu metode dan suatu filsafat yang digunakan dalam mempertimbangkan nilai sesuatu ide dan kebenaran secara praktis.

Pendidikan filosofis mempunyai tujuan-tujuan, diantaranya yaitu:
1.    Dengan berfikir filsafat seseorang bisa menjadi manusia, lebih mendidik dan membangun diri sendiri.
2.    Seseorang dapat menjadi orang yang dapat berfikir sendiri.
3.    Memberikan dasar-dasar pengetahuan, memberikan pandangna yang sintesis pula sehingga seluruh pengetahuan merupakan satu kesatuan.
4.    Hidup seseorang tersebut dipimpin oleh pengetahuan yang dimiliki oleh seseorang tersebut. Sebab itu mengetahuai pengetahuan-pengetahuan terdasar berarti mengetahui dasar-dasar hidup diri sendiri.
5.    Bagi seorang pendidik filsafat mempunyai kepentingan istimewa karena filsafatlah yang memberikan dasar-dasar dari ilmu-ilmu pengetahuan lainnya yang mengenai manusia seperti misalnya ilmu mendidik.

Filsafat, mungkin bagi banyak orang nama ilmu filsafat terlalu berat untuk dipelajari, karena hubungannya sangat erat dengan ilmu mengenai rasionalisme. Filsafat sendiri pada awalnya diyakini berasal dari jaman Yunani kuno, dimana para filsafat yunani pada kala itu seperti Plato dan Aristoteles mengungkapkan pandangan mereka mengenai hakikat atau inti dari segala sesuatu yang ada di dunia ini.
Pendidikan filosofis, meskipun tidak semua orang mendapatkan kesempatan untuk mempelajarinya, namun ternyata  memiliki manfaat yang banyak. Apa saja manfaat filsafat pendidikan? Berikut ini adalah beberapa manfaat dari filsafat pendidikan :
1.    Menjadi salah satu landasan dalam perkembangan ilmu pendidikan.
2.    Menjadi landasan dari kebijakan mengenai program pendidikan.
3.    Menjadi landasan untuk berkarya dan juga mengabdi di bidang pendidikan.
4.    Menentukan kurikulum dan juga materi yang harus diajarkan dalam bidang pendidikan.
5.    Memberikan pemahaman menyeluruh mengenai dunia pendidikan.
6.    Membuat para pelaku di bidang pendidikan mampu memberikan materi pendidikan lebih baik lagi.
7.    Menciptakan generasi pendidik dan tenaga pengajar yang berkualitas.
8.    Membuat para peserta didik dapat memahami apa saja yang sebenarnnya harus diketahui dan juga dipelajari selama menempuh jalur pendidikan tertentu.
9.    Meningkatkan kualitas pendidikan.

BAB III

PENUTUP

Terdapat kaitan yang erat antara pendidikan dan filsafat karena filsafat mencoba merumuskan citra tentang manusia dan masyarakat, sedangkan pendidikan berusaha mewujudkan citra itu. Rumusan tentang harkat dan martabat manusia beserta masyarakatnya ikut menentukan tujuan dan cara-cara penyelenggaraan pendidikan dan dari sisi lain pendidikan merupakan proses memanusiakan manusia.
Landasan pendidikan filosofis merupakan jawaban secara kritis dan mendasar berbagai pertanyaan pokok sekitar pendidikan, seperti apa, mengapa, kemana, bagaimana, dan sebagainya dari pendidikan itu. Kejelasan berbagai hal itu sangat perlu untuk menjadi landasan berbagai keputusan dan tindakan yang dilakukan dalam pendidikan. Hal itu sangat pentig karena hasil pendidikan itu akan segera tampak, sehingga setiap keputusan dan tindakan itu harus diyakini kebenaran dan ketepatannya meskipun hasilnya belum dapat dipastikan.

Untuk kesempurnaan dan perbaikan dari makalah ini maka disarankan kepada kita semua untuk memberikan tanggapan dan kritik terhadap pembahasan dalam makalah ini.






















Wikipedia. 2016. Pengertian Filsafat. https://id.wikipedia.org/wiki/Filsafat_pendidikan
Eduardus F. Lebe. 2015. Landasan Filosofis Pendidikan. https://eduarduslebe.blogspot.co.id/2015/11/landasan-filosofis-pendidikan.html/
Rahmawati Indah Lestari.  2017. Landasan Filosofis Pendidikan. https://rahmawatiindahlestari.wordprees.com/semester-1/lkpp/landasan-filosofis-pendidikan/
Irvan Jaya Mursida. 2009. Dasar,Tujuan, dan Peranan Filsafat. https://van88.wordpress.com/dasar-tujuan-dan-peranan-filsafat/
Chy Ana. 2015. 9 MANFAAT FILSAFAT PENDIDIKAN. https://manfaat.co.id/manfaat-filsafat-pendidikan
Nursafatri Nofriati. 2015. Landasan Filosofis Pendidikan. https://nursafatri.blogspot.co.id/2015/10/landasan-filosofis-pendidikan.html?m=1
Guru Mengajar. 2015. Landasan Pendidikan Filosofis Indonesia. https://iqrabelajar.wordprees.com/2015/06/23/landasan-filosofis-pendidikan-indonesia/

0 comments:

Post a Comment

Monggo Komentarnya. . .