MAKALAH LANDASAN PENDIDIKAN
“LANDASAN ILMU PENGETAHUAN DAN
TEKNOLOGI”
Makalah di ajukan untuk memenuhi
tugas Kelompok 07
Dosen Pembimbing : Lutfi Faishol,
M.Pd
DISUSUN OLEH :
MISBAHUSURUR
AGNES MONICA
KARLINA
WARDATUSHOLIHAH
JAMILA
JIHAN WAHYUNI
PRODI PENDIDIKAN GURU MADRASAH
IBTIDAIYAH INSTITUT AGAMA ISLAM BUNGA BANGSA CIREBON
2017/2018
KATA PENGANTAR
Segala puji dan
syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT dzat yang Maha Sempurna, pencipta
dan penguasa segalanya. Karena hanya dengan ridho-Nya penulis dapat
menyelesaikan tugas ini sesuai dengan apa yang diharapkan yaitu tentang
“LANDASAN ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI”. Dengan harapan semoga tugas ini bisa
berguna dan ada manfaatnya bagi kita semua. Amiin.
Tak lupa pula penyusun sampaikan banyak terima
kasih kepada semua pihak yang turut berpartisipasi dalam proses penyusunan
tugas ini, karena penulis sadar sebagai makhluk sosial penulis tidak bisa
berbuat banyak tanpa ada interaksi dengan orang lain dan tanpa adanya
bimbingan, serta rahmat dan karunia dari –Nya.
Akhirnya walaupun penulis telah berusaha dengan
secermat mungkin, namun sebagai manusia biasa yang tak mungkin luput dari salah
dan lupa. Untuk itu penulis mengharapkan koreksi dan sarannya semoga kita
selalu berada dalam lindungan-Nya.
Cirebon, 19 Oktober 2017
|
||
|
||
Penulis
|
DAFTAR ISI
HALAMAN
SAMPUL.................................................................................................
i
KATA PENGANTAR.................................................................................................
ii
DAFTAR
ISI..............................................................................................................
iii
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang...........................................................................
1
B.
Rumusan Masalah......................................................................
2
C.
Tujuan Penulisan........................................................................
2
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Pengertian IPTEK ....................................................................
3
B.
Sejarah IPTEK
.........................................................................
4
C.
Hubungan IPTEK dengan Pendidikan .....................................
4
D.
Macam Macam IPTEK dan
Pemanfaatannya.............
5
E.
Dampak IPTEK Bagi
Pendidikan .......................
6
BAB III PENUTUP
A.
Kesimpulan............................................................................... 8
DAFTAR
PUSTAKA................................................................................................
9
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Pada awalnya ilmu pengetahuan dan teknologi
yang dimiliki manusia masih relatif sederhana, namun sejak abad pertengahan
mengalami perkembangan yang sangat pesat. Berbagai penemuan-penemuan teori baru
terus berlangsung hingga saat ini dan dipastikan ke depannya akan terus semakin
berkembang. Perkembangan dalam bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, terutama
dalam bidang transportasi dan komunikasi telah mampu merubah tatanan baru dalam
kehidupan manusia. Oleh karena itu, kurikulum seharusnya arahnya tidak hanya
bersifat untuk sekarang tetapi untuk masa depan dan mengantisipasi laju
perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, sehingga peserta didik dapat
mengimbangi dan sekaligus mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk
kepentingan bersama, kepentingan sendiri dan kelangsungan hidup manusia.
Pengaruh
perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi cukup luas, meliputi semua aspek
kehidupan, politik, ekonomi, sosial, budaya, serta meliputi aspek pendidikan
juga. Media massa merupakan salah satu contoh kemajuan teknologi yang sangat
berpengaruh bagi kehidupan manusia. Media massa juga mempunyai fungsi
pendidikan. Contoh kemajuan teknologi yang lain dalam pendidikan seperti
media-media pembelajaran yang saat ini sudah lebih berkembang, jika
dibandingkan dengan media pembelajaran pada masa sebelumnya. Perkembangan IPTEK
akan member pengaruh yang positif selama kita bisa memanfaatkannya secara
maksimal.
B.
Perumusan Masalah
1. Apaka Pengertian IPTEK .............................................................................…. 2
2. Bagaimana Sejarah
IPTEK…………………………………………………… 2
3. Adakah Hubungan IPTEK dengan
Pendidikan………………………………. 3
4. Apa saja Macam IPTEK dan
Manfaatnya……………………………………. 4
5. Apa dampak IPTEK bagi
Pendidikan………………………………………… 6
C.
Tujuan
1.
Untuk memenuhi tugas Mata Kuliah Landasan Pendidikan.
2.
Untuk mengetahui pengertian IPTEK.
3.
Untuk mengetahui Sejarah IPTEK
4.
Untuk mengetahui hubungan IPTEK dengan Pengetahuan
5.
Untuk mengetahui macam,manfaat dan dampak IPTEK bagi pendidikan.
BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian IPTEK
IPTEK merupakan akronim dari Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, istilah
IPTEK ini tersusun dari 3 kata yang berbeda kata pertama ialah ilmu pengetahuan
dan kata 2 adalah teknologi.Ilmu pengetahuan sendiri memiliki 2 kata yang
tergabung dan membentuk suatu frasa baru dan arti dari masing masing kata
tersebut.
Ilmu adalah pemahaman mengenai suatu pengetahuan, yang mempunyai
fungsi untuk mencari, menyelidiki, lalu menyelesaikan suatu hipotesis. Ilmu
juga yaitu merupakan suatu pengetahuan yang sudah teruji akan kebenarannya.
Pengetahuan adalah suatu yang diketahui ataupun disadari oleh seseorang yang
didapat dari pengalamannya. Pengetahuan juga tidak dapat dikatakan sebagai
suatu ilmu karena kebenarannya belum teruji. Pengetahuan muncul disebabkan
seseorang menemukan sesuatu yang sebelumnya belum pernah dilihatnya.
Kamus Besar Bahasa Indonesia menyatakan bahwa ilmu
pengetahuan adalah pengetahuan tentang suatu bidang yang disusun secara
bersistem menurut metode tertentu, yang dapat digunakan untuk menerangkan
gejala-gejala tertentu.
Teknologi adalah suatu penemuan melalui proses metode ilmiah, untuk
mencapai suatu tujuan yang maksimal. Atau dapat diartikan sebagai sarana bagi
manusia untuk menyediakan berbagai kebutuhan atau dapat mempermudah aktifitas.
Ilmu Pengetahuan dan Teknologi adalah suatu
sistem intelektual pemberdayaan manusia yang dihasilkan dari sistem kegiatan
pendidikan. Dimana sistem intelektual yang berarti teknologi canggih dan
dibutuhkan untuk membantu manusia dalam memudahkan sesuatu yang berkaitan
dengan teknologi yang teknologi ini didapat atau tercipta dari ilmu pengetahuan
yang didapat dalam pendidikan.
B.
Sejarah IPTEK
Pada awalnya, ilmu pengetahuan dan teknologi yang dimiliki manusia
masih relatif sederhana, namun sejak abad pertengahan mengalami perkembangan
yang pesat. Berbagai penemuan teori-teori baru terus berlangsung hingga saat
ini dan dipastikan kedepannya akan terus semakin berkembang
Akal manusia telah mampu menjangkau hal-hal yang sebelumnya merupakan sesuatu yang tidak mungkin. Pada jaman dahulu kala, mungkin orang akan menganggap mustahil kalau manusia bisa menginjakkan kaki di Bulan, tetapi berkat kemajuan dalam bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi pada pertengahan abad ke-20, pesawat Apollo berhasil mendarat di Bulan dan Neil Amstrong merupakan orang pertama yang berhasil menginjakkan kaki di Bulan.
Kemajuan cepat dunia dalam bidang informasi dan teknologi dalam dua dasa warsa terakhir telah berpengaruh pada peradaban manusia melebihi jangkauan pemikiran manusia sebelumnya. Pengaruh ini terlihat pada pergeseran tatanan sosial, ekonomi, politik dan pendidikan yang memerlukan keseimbangan baru antara nilai-nilai, pemikiran dan cara-cara kehidupan yang berlaku pada konteks global dan lokal.
Akal manusia telah mampu menjangkau hal-hal yang sebelumnya merupakan sesuatu yang tidak mungkin. Pada jaman dahulu kala, mungkin orang akan menganggap mustahil kalau manusia bisa menginjakkan kaki di Bulan, tetapi berkat kemajuan dalam bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi pada pertengahan abad ke-20, pesawat Apollo berhasil mendarat di Bulan dan Neil Amstrong merupakan orang pertama yang berhasil menginjakkan kaki di Bulan.
Kemajuan cepat dunia dalam bidang informasi dan teknologi dalam dua dasa warsa terakhir telah berpengaruh pada peradaban manusia melebihi jangkauan pemikiran manusia sebelumnya. Pengaruh ini terlihat pada pergeseran tatanan sosial, ekonomi, politik dan pendidikan yang memerlukan keseimbangan baru antara nilai-nilai, pemikiran dan cara-cara kehidupan yang berlaku pada konteks global dan lokal.
C. Hubungan antara IPTEK dan Pendidikan
Dalam perkembangannya sampai kira-kira abad ke-16, ilmu pengetahuan
manusia itu boleh dikatakan masih belum dikaitkan dengan, ataupun dimanfaatkan
bagi teknik. Teknologi baru dimulai pada zaman aradigmce, sebagai akibat
munculnya dorongan dari dua pihak. Pada satu pihak, muncul pandangan-pandangan
baru di dalam pemikiran filsafat, dimana kedudukan dan peran manusia terhadap
alam (termasuk dirinya sendiri) memperoleh arti dan tekanan yang semakin besar.
Dan pihak lain, yaitu desakan perkembangan kebutuhan serta persoalan-persoalan
kehidupan yang dihadapi dan harus diatasi. Dengan demikian, ilmu pengetahuan
semakin memperoleh, dan memang diarahkan kepada, watak yang utilitarian,
artinya dikaitkan kemanfaatan dan kegunaannya yang langsung bagi kehidupan
kongkret manusia. (Sutarno, Ibid; hal. 138).
Keberadaan ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan akibat langsung
dari eksistensi manusia yang kemudian membentuk historisitas pendidikan sejak
lahir sampai mati. Jadi, jika manusia tidak eksis dalam rentetan panjang
kependidikan, sesungguhnya ilmu pengetahuan dan teknologi tidak mungkin ada.
Ilmu pengetahuan dan teknologi adalah suatu sistem intelektual
pemberdayaan manusia yang dihasilkan dari sistem kegiatan pendidikan. Dengan
ilmu pengetahuan dan teknologi, segala perubahan yang direncanakan oleh
pendidikan dapat dikerjakan. (Suparlan Suhartono, Filsafat Pendidikan; AR-RUZZ
MEDIA: Yogyakarta, 2009), hal. 111.
Dalam hubungannya dengan pendidikan, ilmu pengetahuan dan teknologi
mendukung tanggungjawab untuk membudayakan eksistensi kehidupan manusia.
Artinya: dengan peralatan ilmu pengetahuan dan teknologi, manusia semakin lebih
berpeluang untuk menciptakan perubahan-perubahan yang bermanfaat bagi kehidupan
yang lebih berkembang dan maju. Perkembangan di bidang ilmu pengetahuan
misalnya, telah mampu memberikan manusia paradigma-paradigma yang baru.
D. Macam Macam IPTEK dan Pemanfaatannya
Macam-macam IPTEK yaitu
hard technology (hardware), soft technologi (software) dan distance
learning (belajar jarak jauh) yang ketiga macam IPTEK ini mempunyai manfaatnya
masing-masing.
1. Hard technology
Hard technology adalah semua teknologi yang berkaitan dengan benda
baik yang sifatnya ekonomis ataupun sudah dalam bentuk technology tingkat
tinggi yang memudahkan dan melengkapi manusia untuk melakukan dan mengakses
sesuatu yang diperlukan dalam belajar. Macam-macam Hard Technology :
·
Projektor.
·
Calculator.
·
Mikroskop
·
Volt meter dan Galvano meter
·
Laptop
2. Soft Teknologi
Soft Teknologi berkaitan dengan metode metode atau cara atau dalam istilah teknologi sendiri adalah
softwere, untuk memudahkan pembuatan-pembuatan suatu bahan ajar
dengan sebuah program dan membuat pembelajaran menjadi kreatif dan inovatif.
Macam-macam Soft technologi :
·
Perangkat Pengolah Kata
·
Perangkat Pengolah Angka
·
Perangkat Presentasi
·
Perangkat Pengolah Grafik
3. Distance Learning
Distance
learning atau distance education, yaitu suatu sistem pendidikan dimana terdapat
pemisahan antara pengajar dan siswa baik secara ruang dan/atau waktu.
Sistem Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Web Sejarah Sistem
Pembelajaran jarak jauh Sistem pembelajaran jarak jauh berbasis web adalah
suatu pertemuan antara tiga perkembangan teknologi dan tradisi, yaitu : distance learning,
computer-conveyed education, dan teknologi internet (internet technology). Macam-macam Distance Learning :
·
.Sinkron( Synchronous )
·
. Asinkron( Asyncronous)
E. Dampak IPTEK Bagi
Pendidikan
Di dalam sebuah perkembangan dari adanya teknologi (dalam hal
ini teknologi komunikasi) tentunya banyak yang mempengaruhi maupun yang
dipengaruhi. Satu hal dari adanya teknologi komunikasi adalah mengenai dampak
yang ditimbulkan. Ketika disini membahas mengenai teknologi komunikasi dalam
bidang pendidikan, maka akan dipaparkan mengenai dampak yang ditimbulkan baik
dampak positif maupun negatif. Uraiannya adalah sebagai berikut:
Dampak
Positif :
a. Pembelajaran jarak jauh dengan kemajuan teknologi
proses pembelajaran tidak harus mempertemukan siswa dengan guru, tetapi bisa
juga menggunakan jasa pos internet dan lain-lain.
b. Munculnya media massa, khususnya media elektronik
sebagai sumber ilmu dan pusat pendidikan menjadikan guru bukanlah satu-satunya
sumber ilmu pengetahuan.
c. Munculnya metode-metode pembelajaran yang baru,
yang memudahkan siswa dan guru dalam proses pembelajaran. Dengan kemajuan
teknologi terciptalah metode-metode baru yang membuat siswa mampu memahami
materi-materi yang abstrak, karena materi tersebut dengan bantuan teknologi
bisa dibuat abstrak.
d. Kita akan lebih cepat
mendapatkan informasi-informasi yang akurat dan terbaru melalui internet.
f. Teknologi menawarkan media audio-visual yang
interaktif pada proses pembelajaran. Presentasi PowerPoint dan perangkat lunak
animasi dapat digunakan untuk memberikan informasi kepada siswa secara
interaktif.
Dampak Negatif :
a. Menurunnya motivasi dan prestasi belajar serta
berkurangnya jumlah jam belajar para remaja karena sebagian besar waktunya
digunakan untuk memainkan gadgetnya
b. Tidak focus dalam belajar karena ketika guru
menerangkan ia bermain game atau mendengarkan musik menggunakan earphone bahkan Rela membolos saat jam sekolah demi bermain game
yang sedang trend
c. Kemerosotan moral di kalangan warga masyarakat,
khususnya di kalangan remaja dan pelajar. Pornografi yang bisa diakses dan
mudah dibuka diinternet menjadi candu bagi para remaja maupun masyarakat.
d. Dapat membuat orang semakin
malas, karena IPTEK memiliki tujuan untuk mempermudah & memanjakan manusia.
Jadi manusia akan semakin malas sebab sudah ada teknologi yang dapat
menggantikan dirinya bekerja.
BAB III
PENUTUP
Ø Ilmu Pengetahuan dan Teknologi adalah suatu
sistem intelektual pemberdayaan manusia yang dihasilkan dari sistem kegiatan
pendidikan
Ø Hubungan antara Ilmu Pengetahuan dengan
Teknologi adalah ilmu pengetahuan menciptakan Teknologi . Teknologi itu sendiri
mengandung ilmu pengetahuan di dalamnya.
Ø Hubungan IPTEK dengan Pendidikan adalah ilmu
pengetahuan dan teknologi mendukung tanggungjawab untuk membudayakan eksistensi
kehidupan manusia. Artinya: dengan peralatan ilmu pengetahuan dan teknologi,
manusia semakin lebih berpeluang untuk menciptakan perubahan-perubahan yang
bermanfaat bagi kehidupan yang lebih berkembang dan maju
Ø Macam-macam IPTEK
·
Hard technology
·
Soft technology
·
Distance Learning
Ø Dampak Positif IPTEK :
·
Pembelajaran jarak jauh
·
Munculnya media massa, khususnya media elektronik sebagai sumber ilmu .
Ø Dampak Negatif IPTEK :
·
Menurunnya motivasi dan prestasi belajar
·
Tidak focus dalam belajar.
·
Kemerosotan moral di kalangan warga masyarakat
·
Dapat membuat orang semakin malas.
DAFTAR PUSTAKA
http://areaaqyeyen.blogspot.co.id/2009/04/definisi-teknologi-pendidikan.html
http://dilihatya.com/2522/pengertian-iptek-menurut-para-ahli
http://ernawannurelihidayah.blogspot.co.id/2013/11/babi-pendahuluan-a.html
http://febrisabtio.blogspot.co.id/
https://id.wikipedia.org/wiki/Voltmeter
https://intanayuda8.wordpress.com/2013/05/13/ilmu-pengetahuan-dan-teknologi-html/
http://sobatbaru.blogspot.co.id/2011/01/pengertian-distance-learning.html
https://versioncom.wordpress.com/2014/07/10/pengaruh-iptek-pada-perkembangan-media-pendidikan/
https://www.academia.edu/8017707/PERANAN_ILMU_PENGETAHUAN_DAN_TEKNOLOGI_IPTEK_DALAM_DUNIA_PENDIDIKAN
http://www.katailmu.com/2011/01/hubungan-perang-dunia-i-dengan.html
http://www.pengertianku.net/2015/01/pengertian-iptek-atau-ilmu-pengetahuan-dan-teknologi-lengkap.html
0 comments:
Post a Comment
Monggo Komentarnya. . .