Thursday, January 18, 2018

Makalah Landasan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi



MAKALAH LANDASAN PENDIDIKAN
“LANDASAN ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI”
Makalah di ajukan untuk memenuhi tugas Kelompok  07
Dosen Pembimbing : Lutfi Faishol, M.Pd

DISUSUN OLEH :
MISBAHUSURUR
AGNES MONICA
KARLINA
WARDATUSHOLIHAH
JAMILA
JIHAN WAHYUNI

PRODI PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH INSTITUT AGAMA ISLAM BUNGA BANGSA CIREBON
2017/2018
KATA PENGANTAR

Segala puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT dzat yang Maha Sempurna, pencipta dan penguasa segalanya. Karena hanya dengan ridho-Nya penulis dapat menyelesaikan tugas ini sesuai dengan apa yang diharapkan yaitu tentang “LANDASAN ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI”. Dengan harapan semoga tugas ini bisa berguna dan ada manfaatnya bagi kita semua. Amiin.
Tak lupa pula penyusun sampaikan banyak terima kasih kepada semua pihak yang turut berpartisipasi dalam proses penyusunan tugas ini, karena penulis sadar sebagai makhluk sosial penulis tidak bisa berbuat banyak tanpa ada interaksi dengan orang lain dan tanpa adanya bimbingan, serta rahmat dan karunia dari –Nya.
Akhirnya walaupun penulis telah berusaha dengan secermat mungkin, namun sebagai manusia biasa yang tak mungkin luput dari salah dan lupa. Untuk itu penulis mengharapkan koreksi dan sarannya semoga kita selalu berada dalam lindungan-Nya.




Cirebon, 19 Oktober 2017











Penulis









DAFTAR ISI

HALAMAN SAMPUL................................................................................................. i
KATA PENGANTAR................................................................................................. ii
DAFTAR ISI.............................................................................................................. iii

BAB I        PENDAHULUAN
                             A.           Latar Belakang........................................................................... 1
                             B.           Rumusan Masalah...................................................................... 2
                             C.           Tujuan Penulisan........................................................................ 2

BAB II       PEMBAHASAN
A.              Pengertian IPTEK ....................................................................      3
B.              Sejarah IPTEK .........................................................................      4
C.              Hubungan IPTEK dengan Pendidikan .....................................      4
D.              Macam Macam IPTEK dan Pemanfaatannya.............     5
E.               Dampak IPTEK Bagi Pendidikan .......................     6  
BAB III     PENUTUP
                             A.           Kesimpulan...............................................................................  8

DAFTAR PUSTAKA................................................................................................ 9









BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Pada awalnya ilmu pengetahuan dan teknologi yang dimiliki manusia masih relatif sederhana, namun sejak abad pertengahan mengalami perkembangan yang sangat pesat. Berbagai penemuan-penemuan teori baru terus berlangsung hingga saat ini dan dipastikan ke depannya akan terus semakin berkembang. Perkembangan dalam bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, terutama dalam bidang transportasi dan komunikasi telah mampu merubah tatanan baru dalam kehidupan manusia. Oleh karena itu, kurikulum seharusnya arahnya tidak hanya bersifat untuk sekarang tetapi untuk masa depan dan mengantisipasi laju perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, sehingga peserta didik dapat mengimbangi dan sekaligus mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk kepentingan bersama, kepentingan sendiri dan kelangsungan hidup manusia.
            Pengaruh perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi cukup luas, meliputi semua aspek kehidupan, politik, ekonomi, sosial, budaya, serta meliputi aspek pendidikan juga. Media massa merupakan salah satu contoh kemajuan teknologi yang sangat berpengaruh bagi kehidupan manusia. Media massa juga mempunyai fungsi pendidikan. Contoh kemajuan teknologi yang lain dalam pendidikan seperti media-media pembelajaran yang saat ini sudah lebih berkembang, jika dibandingkan dengan media pembelajaran pada masa sebelumnya. Perkembangan IPTEK akan member pengaruh yang positif selama kita bisa memanfaatkannya secara maksimal.








B.       Perumusan Masalah
1. Apaka Pengertian IPTEK .............................................................................….   2
2. Bagaimana Sejarah IPTEK……………………………………………………    2
3. Adakah Hubungan IPTEK dengan Pendidikan……………………………….    3
4. Apa saja Macam IPTEK dan Manfaatnya…………………………………….   4
5. Apa dampak IPTEK bagi Pendidikan…………………………………………   6
C.    Tujuan
1. Untuk memenuhi tugas Mata Kuliah Landasan Pendidikan.
2. Untuk mengetahui pengertian IPTEK.
3. Untuk mengetahui Sejarah IPTEK
4. Untuk mengetahui hubungan IPTEK dengan Pengetahuan
5. Untuk mengetahui macam,manfaat dan dampak IPTEK bagi pendidikan.


BAB II
PEMBAHASAN

A.    Pengertian IPTEK
IPTEK merupakan akronim dari Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, istilah IPTEK ini tersusun dari 3 kata yang berbeda kata pertama ialah ilmu pengetahuan dan kata 2 adalah teknologi.Ilmu pengetahuan sendiri memiliki 2 kata yang tergabung dan membentuk suatu frasa baru dan arti dari masing masing kata tersebut.
Ilmu adalah pemahaman mengenai suatu pengetahuan, yang mempunyai fungsi untuk mencari, menyelidiki, lalu menyelesaikan suatu hipotesis. Ilmu juga yaitu merupakan suatu pengetahuan yang sudah teruji akan kebenarannya.
Pengetahuan adalah suatu yang diketahui ataupun disadari oleh seseorang yang didapat dari pengalamannya. Pengetahuan juga tidak dapat dikatakan sebagai suatu ilmu karena kebenarannya belum teruji. Pengetahuan muncul disebabkan seseorang menemukan sesuatu yang sebelumnya belum pernah dilihatnya.
Kamus Besar Bahasa Indonesia menyatakan bahwa ilmu pengetahuan adalah pengetahuan tentang suatu bidang yang disusun secara bersistem menurut metode tertentu, yang dapat digunakan untuk menerangkan gejala-gejala tertentu.
Teknologi adalah suatu penemuan melalui proses metode ilmiah, untuk mencapai suatu tujuan yang maksimal. Atau dapat diartikan sebagai sarana bagi manusia untuk menyediakan berbagai kebutuhan atau dapat mempermudah aktifitas.
Ilmu Pengetahuan dan Teknologi adalah suatu sistem intelektual pemberdayaan manusia yang dihasilkan dari sistem kegiatan pendidikan. Dimana sistem intelektual yang berarti teknologi canggih dan dibutuhkan untuk membantu manusia dalam memudahkan sesuatu yang berkaitan dengan teknologi yang teknologi ini didapat atau tercipta dari ilmu pengetahuan yang didapat dalam pendidikan.



B.     Sejarah IPTEK
Pada awalnya, ilmu pengetahuan dan teknologi yang dimiliki manusia masih relatif sederhana, namun sejak abad pertengahan mengalami perkembangan yang pesat. Berbagai penemuan teori-teori baru terus berlangsung hingga saat ini dan dipastikan kedepannya akan terus semakin berkembang
          Akal manusia telah mampu menjangkau hal-hal yang sebelumnya merupakan sesuatu yang tidak mungkin. Pada jaman dahulu kala, mungkin orang akan menganggap mustahil kalau manusia bisa menginjakkan kaki di Bulan, tetapi berkat kemajuan dalam bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi pada pertengahan abad ke-20, pesawat Apollo berhasil mendarat di Bulan dan Neil Amstrong merupakan orang pertama yang berhasil menginjakkan kaki di Bulan.
          Kemajuan cepat dunia dalam bidang informasi dan teknologi dalam dua dasa warsa terakhir telah berpengaruh pada peradaban manusia melebihi jangkauan pemikiran manusia sebelumnya. Pengaruh ini terlihat pada pergeseran tatanan sosial, ekonomi, politik dan pendidikan yang memerlukan keseimbangan baru antara nilai-nilai, pemikiran dan cara-cara kehidupan yang berlaku pada konteks global dan lokal.
C.    Hubungan antara IPTEK dan Pendidikan
Dalam perkembangannya sampai kira-kira abad ke-16, ilmu pengetahuan manusia itu boleh dikatakan masih belum dikaitkan dengan, ataupun dimanfaatkan bagi teknik. Teknologi baru dimulai pada zaman aradigmce, sebagai akibat munculnya dorongan dari dua pihak. Pada satu pihak, muncul pandangan-pandangan baru di dalam pemikiran filsafat, dimana kedudukan dan peran manusia terhadap alam (termasuk dirinya sendiri) memperoleh arti dan tekanan yang semakin besar. Dan pihak lain, yaitu desakan perkembangan kebutuhan serta persoalan-persoalan kehidupan yang dihadapi dan harus diatasi. Dengan demikian, ilmu pengetahuan semakin memperoleh, dan memang diarahkan kepada, watak yang utilitarian, artinya dikaitkan kemanfaatan dan kegunaannya yang langsung bagi kehidupan kongkret manusia. (Sutarno, Ibid; hal. 138).
Keberadaan ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan akibat langsung dari eksistensi manusia yang kemudian membentuk historisitas pendidikan sejak lahir sampai mati. Jadi, jika manusia tidak eksis dalam rentetan panjang kependidikan, sesungguhnya ilmu pengetahuan dan teknologi tidak mungkin ada.
Ilmu pengetahuan dan teknologi adalah suatu sistem intelektual pemberdayaan manusia yang dihasilkan dari sistem kegiatan pendidikan. Dengan ilmu pengetahuan dan teknologi, segala perubahan yang direncanakan oleh pendidikan dapat dikerjakan. (Suparlan Suhartono, Filsafat Pendidikan; AR-RUZZ MEDIA: Yogyakarta, 2009), hal. 111.
Dalam hubungannya dengan pendidikan, ilmu pengetahuan dan teknologi mendukung tanggungjawab untuk membudayakan eksistensi kehidupan manusia. Artinya: dengan peralatan ilmu pengetahuan dan teknologi, manusia semakin lebih berpeluang untuk menciptakan perubahan-perubahan yang bermanfaat bagi kehidupan yang lebih berkembang dan maju. Perkembangan di bidang ilmu pengetahuan misalnya, telah mampu memberikan manusia paradigma-paradigma yang baru.
D.    Macam Macam IPTEK dan Pemanfaatannya
          Macam-macam IPTEK yaitu hard technology (hardware), soft technologi (software) dan distance learning (belajar jarak jauh) yang ketiga macam IPTEK ini mempunyai manfaatnya masing-masing.
1.   Hard technology
Hard technology adalah semua teknologi yang berkaitan dengan benda baik yang sifatnya ekonomis ataupun sudah dalam bentuk technology tingkat tinggi yang memudahkan dan melengkapi manusia untuk melakukan dan mengakses sesuatu yang diperlukan dalam belajar. Macam-macam Hard Technology :
·         Projektor.
·         Calculator.
·         Mikroskop
·         Volt meter dan Galvano meter
·         Laptop

2.   Soft Teknologi
Soft Teknologi berkaitan dengan metode metode atau cara atau dalam istilah teknologi sendiri adalah softwere, untuk memudahkan pembuatan-pembuatan suatu bahan ajar dengan sebuah program dan membuat pembelajaran menjadi kreatif dan inovatif. Macam-macam Soft technologi :
·         Perangkat Pengolah Kata
·         Perangkat Pengolah Angka
·         Perangkat Presentasi
·         Perangkat Pengolah Grafik
3.    Distance Learning
Distance learning atau distance education, yaitu suatu sistem pendidikan dimana terdapat pemisahan antara pengajar dan siswa baik secara ruang dan/atau waktu.
Sistem Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Web Sejarah Sistem Pembelajaran jarak jauh Sistem pembelajaran jarak jauh berbasis web adalah suatu pertemuan antara tiga perkembangan teknologi dan tradisi, yaitu : distance learning, computer-conveyed education, dan teknologi internet (internet technology). Macam-macam Distance Learning :
·         .Sinkron( Synchronous )
·         . Asinkron( Asyncronous)

E.     Dampak IPTEK Bagi Pendidikan
 Di dalam sebuah perkembangan dari adanya teknologi (dalam hal ini teknologi komunikasi) tentunya banyak yang mempengaruhi maupun yang dipengaruhi. Satu hal dari adanya teknologi komunikasi adalah mengenai dampak yang ditimbulkan. Ketika disini membahas mengenai teknologi komunikasi dalam bidang pendidikan, maka akan dipaparkan mengenai dampak yang ditimbulkan baik dampak positif maupun negatif. Uraiannya adalah sebagai berikut:


Dampak Positif       :
a.    Pembelajaran jarak jauh dengan kemajuan teknologi proses pembelajaran tidak harus mempertemukan siswa dengan guru, tetapi bisa juga menggunakan jasa pos internet dan lain-lain.
b.   Munculnya media massa, khususnya media elektronik sebagai sumber ilmu dan pusat pendidikan menjadikan guru bukanlah satu-satunya sumber ilmu pengetahuan.
c.    Munculnya metode-metode pembelajaran yang baru, yang memudahkan siswa dan guru dalam proses pembelajaran. Dengan kemajuan teknologi terciptalah metode-metode baru yang membuat siswa mampu memahami materi-materi yang abstrak, karena materi tersebut dengan bantuan teknologi bisa dibuat abstrak.
d.     Kita akan lebih cepat mendapatkan informasi-informasi yang akurat dan terbaru melalui internet.
f.    Teknologi menawarkan media audio-visual yang interaktif pada proses pembelajaran. Presentasi PowerPoint dan perangkat lunak animasi dapat digunakan untuk memberikan informasi kepada siswa secara interaktif.
Dampak Negatif     :
a.    Menurunnya motivasi dan prestasi belajar serta berkurangnya jumlah jam belajar para remaja karena sebagian besar waktunya digunakan untuk memainkan gadgetnya
b.   Tidak focus dalam belajar karena ketika guru menerangkan ia bermain game atau mendengarkan musik menggunakan earphone bahkan Rela membolos saat jam sekolah demi bermain game yang sedang trend
c.    Kemerosotan moral di kalangan warga masyarakat, khususnya di kalangan remaja dan pelajar. Pornografi yang bisa diakses dan mudah dibuka diinternet menjadi candu bagi para remaja maupun masyarakat.
d.    Dapat membuat orang semakin malas, karena IPTEK memiliki tujuan untuk mempermudah & memanjakan manusia. Jadi manusia akan semakin malas sebab sudah ada teknologi yang dapat menggantikan dirinya bekerja.

BAB III
PENUTUP
Ø Ilmu Pengetahuan dan Teknologi adalah suatu sistem intelektual pemberdayaan manusia yang dihasilkan dari sistem kegiatan pendidikan
Ø Hubungan antara Ilmu Pengetahuan dengan Teknologi adalah ilmu pengetahuan menciptakan Teknologi . Teknologi itu sendiri mengandung ilmu pengetahuan di dalamnya.
Ø Hubungan IPTEK dengan Pendidikan adalah ilmu pengetahuan dan teknologi mendukung tanggungjawab untuk membudayakan eksistensi kehidupan manusia. Artinya: dengan peralatan ilmu pengetahuan dan teknologi, manusia semakin lebih berpeluang untuk menciptakan perubahan-perubahan yang bermanfaat bagi kehidupan yang lebih berkembang dan maju
Ø Macam-macam  IPTEK
·         Hard technology
·         Soft technology
·         Distance Learning
Ø Dampak Positif    IPTEK   :
·         Pembelajaran jarak jauh
·         Munculnya media massa, khususnya media elektronik sebagai sumber ilmu .
Ø Dampak Negatif  IPTEK   :
·         Menurunnya motivasi dan prestasi belajar
·         Tidak focus dalam belajar.
·         Kemerosotan moral di kalangan warga masyarakat
·         Dapat membuat orang semakin malas.



DAFTAR PUSTAKA

http://areaaqyeyen.blogspot.co.id/2009/04/definisi-teknologi-pendidikan.html
http://dilihatya.com/2522/pengertian-iptek-menurut-para-ahli
http://ernawannurelihidayah.blogspot.co.id/2013/11/babi-pendahuluan-a.html
http://febrisabtio.blogspot.co.id/
https://id.wikipedia.org/wiki/Voltmeter
https://intanayuda8.wordpress.com/2013/05/13/ilmu-pengetahuan-dan-teknologi-html/
http://sobatbaru.blogspot.co.id/2011/01/pengertian-distance-learning.html
https://versioncom.wordpress.com/2014/07/10/pengaruh-iptek-pada-perkembangan-media-pendidikan/
https://www.academia.edu/8017707/PERANAN_ILMU_PENGETAHUAN_DAN_TEKNOLOGI_IPTEK_DALAM_DUNIA_PENDIDIKAN
http://www.katailmu.com/2011/01/hubungan-perang-dunia-i-dengan.html
http://www.pengertianku.net/2015/01/pengertian-iptek-atau-ilmu-pengetahuan-dan-teknologi-lengkap.html

0 comments:

Post a Comment

Monggo Komentarnya. . .